Penyuluh Pertanian Disebut Bupati Sebagai Nafas Petani Di Kabupaten Kupang

oleh

Oelamasi,obornusantara.com-“Penyuluh adalah garda terdepan dalam membangun Pertanian di Kabupaten Kupang. Peran penyuluh dalam mensukseskan kegiatan pertanian sangat penting dan jadi nafas petani di Kabupaten Kupang”

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Kupang saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Penyusunan Program Penyuluhan Pertanian Tingkat Kabupaten Kupang, Kamis (5/1/2023), bertempat di Aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kupang.

Mengawali sambutannya,ia memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab.Kupang, Amin Juariah bersama para koordinator PPL atas kerja kerasnya membantu Bupati dan masyarakat dalam bidang pertanian.

Diutarakannya bahwa PPL merupakan napas kehidupan dari para petani. Tanpa penyuluh, petani bisa salah jalan, baik dalam menerapkan teknologi pertanian, salah dalam pilihan bibit yang tepat maupun semua hal teknis pertanian lainnya.

Selain itu,Masneno memberi motivasi kepada PPL untuk memperkuat diri sebelum memperkuat orang lain.

“PPL harus didorong untuk menjadi kuat. Jika PPL kuat maka petani dan Bupati pun juga kuat. Sukses kalian, suksesnya saya, Kadis dan petani. Gagal kalian adalah gagalnya saya, Kadis juga petani. Mata terdepan pemkab kupang dalam membangun pertanian ada di tenaga PPL. Bekerjalah dengan kesungguhan hati. Dorong petani jadi lebih baik,”kata Bupati Masneno.

PPL juga ditekankan untuk lebih banyak mendorong petani-petani muda atau petani-petani milenial buat eksperimen mulai dari menanam sampai saatnya memanen.

Dalam rakor ini juga, menghadirkan para petani berprestasi dalam bidang pertanian. Dan kepada mereka diberikan penghargaan oleh Bupati Kupang.

Salah satu diantaranya adalah Gestianus Sino asal Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah. Ia yang ditemui usai kegiatan mengakui, bahwa dirinya bahkan pernah diundang Metro TV dalam program acara Kick Andy.

Ia juga dipercayakan sebagai Ketua Koordinator wilayah untuk Duta Petani Milenial Kementerian Pertanian di Provinsi NTT. Bagi dia, tugasnya petani milenial adalah bergerak cepat dan maju dimanapun berada.

Bagi dia, prestasi itu hanya pintu masuk untuk lebih baik lagi, paling penting bagaimana kita konsisten jadi petani dan beri motivasi kepada teman-teman untuk kemajuan pertanian.(hms/kenzo)